Apa Yang Dapat Kita Lakukan Untuk Mencegah Persebaran Covid-19?

Sudah sekitar setengah bulan sejak diberlakukannya darurat kesehatan di Indonesia. Sekolah diliburkan dan siswa mesti mengikuti pembelajaran di tengah situasi darurat ini. Banyak pengusaha dan karyawan terpaksa tinggal di rumah karena produksi tak bisa berjalan seperti biasa. Hampir seluruh elemen masyarakat terkejut dan seakan tak siap menghadapi kondisi ini. Sementara, di tengah itu semua kabar mengenai jumlah penduduk yang positif terkena Covid-19 terus bertambah, sebagian sembuh namun sebagian akhirnya meninggal.

Pemerintah mengajak masyarakat bersama-sama melakukan usaha pencegahan persebaran Covid-19. Ibarat perang, maka perang ini musuhnya tidak terlihat.



Banyak informasi yang dapat diperoleh mengenai virus ini di internet. Contohnya adalah informasi mengenai gejala yang dialami seseorang yang terpapar Covid-19 seperti berikut 


Selain itu, banyak juga informasi mengenai cara pencegahan persebaran Covid-19. Seperti yang disajikan pada ilustrasi berikut 

Pada akhirnya, semua informasi tadi dapat bermanfaat apabila kita bijak menyikapinya. Seperti anjuran untuk tidak keluar rumah apabila tidak mendesak. Kalau hanya untuk bersenang-senang seperti jalan-jalan dan nongkrong sebaiknya ditunda dulu hingga pemerintah menyatakan situasi kembali normal.

Tetapi kalau memang terpaksa  keluar rumah maka ikutilah anjuran-anjuran kesehatan seperti jaga jarak aman minimal satu atau dua meter, menghindari berjabat tangan, sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir atau cairan disinfektan, tidak menyentuh wajah dengan tangan, dan lain-lain mesti diperhatikan.

Sekali lagi, mari kita bersama-sama merapatkan barisan bersama pemerintah dalam usaha mencegah persebaran Covid-19. Ini, adalah perang kita bersama. Perang yang panglimanya adalah pemerintah dan pasukannya adalah setiap warga masyarakat dimanapun dia berada, apapun status sosialnya, tua ataupun muda, laki-laki ataupun perempuan semua diminta untuk patuh dan mengikuti anjuran pemerintah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini